Hallo sobat Geo !! Taukah kalian Indonesia memiliki Blue Fire alami yang di dunia cuma ada 2 salah satunya yaitu yang ada di Kawah Ijen. Ingin tau info selengkapnya, simak artikel berikut ini :

 


Kawah Ijen (IJen Crater)

Kawah Ijen merupakan kawasan Cagar Alam yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur yang telah dibuka pada 9 Oktober 1920. Kawah ijen juga telah ditetapkam menjadi kawasan wisata alam seluas 92 hektare untuk menunjang kebutuhan pariwisata di Indonesia. Kawah Ijen Merupakan bagian dari Gunung Ijen yang memiliki ketiggian 2.386 mpdl.


Gambar 1 : Panorama Kawah Ijen

Eksotisme Blue fire dan Kawah Ijen

Kawah Ijen bagi saya sangat menakjubkan selain pemandangan kawah yang sangat indah, namun juga memiliki blue Fire yang di dunia cuma ada dua. Berwisata ke kawah ijen memiliki keuntungan yang berlipat dimana ketika malam kita disuguhkan oleh fenomena Blue Fire, ketika fajar kita dihadiahi Sunrise dan ketika matahari sudah diatas/pagi hari kita disuguhkan oleh pemandangan kawah ijen yang begitu Indah. Ketika turun kembali pun kita masih dapat melihat keindahan cagar alam ijen, bila beruntung pasti bisa bertemu para penambang Belerang atau bisa ketemu juga bintang-binatang langka.


Gambar 2 : Blue Fire

(Sumber foto : Instagram @robbirodiyan)

Akses menuju Ijen

Akses menuju Ijen lumayan mudah kalau dibanding dengan gunung-gunung lainnya di Indonesia. Untuk menuju Ijen kita bisa menggunakan kereta menuju Stasiun Karengasem, Banyuwangi. Kemudian kita bisa sewa motor disekitar stasiun, lalu kita bisa langsung Ke kawah Ijen.

Opsi kedua kita bisa menggunakan kendaraan pribadi mobil/motor itu malah lebih mudah. Untuk masuknya kendaraan kita hanya boleh sampai parkiran. Setelah itu kita harus jalan kaki menuju kawahnya. Namun disana juga ada ojek keatas menggunakan angkutan khusus yang didorong oleh bapak-bapak/pekerja disana, jadi mudah sekali bila mengajak orang tua atau teman yang memiliki kurang kuat.

Informasi tambahan untuk kawasan ijen pada hari biasa dibuka mulai jam 12.00 malam - Jam 12 Siang ya,, jadi memang paling pas kalau kesana itu malam hari supaya bisa melihat blue fire.


Biaya Berwisata ke Kawah Ijen

Biaya ke kawah ijen kalau kalian menggunakan kereta dari Malang/ Pasuruhan samapi stasiun Karangasem untuk yang kelas ekonomi tiketnya Rp 60.000. kemudian setelah sampai di Karangasem kalian bisa menewa motor untuk biayanya 75- 150 ribu rupiah/ per hari, tergantung motornya. Kemudian bila kalian ingin menginap disana sudah banyak guest house, home stay dan hotel yang harga sewanya mulai 50 ribu- 200 ribu rupiah per malam.

Opsi lainnya dengan memakai kendaraan pribadi yang tentunya kalian tidak perlu menyewa kendaraan lagi ketika sampai disana.

Kemudian untuk biaya tiket masuk kawasan Ijen terdapat 2 Gerbang yang pertama kita harus membayar 5 ribu rupiah. Setelah itu sesampai parkiran/ menuju pendakiaan kita harus membayar Rp 5 ribu rupiah untuk turis lokal dan juga akan dikenakan biaya tambahan bila kita membawa drone atau kamera untuk iklan.

Selanjutnya untuk biaya makan bagaimana ? tenang saja di Banyuwangi harga makanan masih standar seperti daerah-daerah lain di Jawa Timur.


Perlengkapan wisata

Berikut ini beberapa perlengkapan yang saya sarankan untuk wajib dibawa :

- Jaket

- Celana Panjang

- Masker

- Sepatu gunung

- kaos kaki

- kaos tangan

- shall leher

- obat pribadi

- tas

Opsional :

-Kamera

- Snack ( sampahnya dibuang pada tempatnya ya!!)

- Minum

Perlu di ingat bahwa kawah ijen merupakan daerah gunung yang tentu saja memiliki temperatur suhu dingin dan memiliki risiko terhadap medan serta bau belerang yang menyengat. Oleh karena itu buatlah persiapan dan perlengkapan yang matang utuk berwisata kesana sehingga kita bisa menikmati salah satu surga di Indonesia dan juga bisa pulang dengan sehat dan selamat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, jangan lewatkan dan baca artikel lainnya di blog ini !! terimakasih.  



Post a Comment

Previous Post Next Post