Hallo Sobat Geo, pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai salah satu tempat wisata Alam paling menarik tepatnya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Wisata ini cukup populer tidak hanya dikalangan touris lokal namun hingga mancanegara. Ini dia Air Tenjun Tumpak Sewu.


Air Terjun Tumpak Sewu/ Coban Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu merupakan air terjun yang berada Kabupaten Lumajangtepatnya didekat perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Air terjun masuk kawasan Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. koordinat 8.230408_S_112.916939_E

Air terjun Tumpak sewu memiliki keindahan yang luar biasa, ketika dilihat dari tempat panorama maupun dilihat dari jarak dekat. Air terjun ini mengalir dari Spring Belt namun juga ada aliran sungai diatasnya.



Akses Ke Tumpak Sewu

Akses ke Tumpak Sewu bisa dibilang cukup mudah, bila Kalian berasal diluar pulau Jawa bisa naik pesawat lalu turun ke Bandara Juanda di Sidoarjo atau Bandara Abdurahman Saleh di Malang kemudian untuk menuju Lumajang bisa naik Bus atau agen Travel mobil. bus arah lumajang atau sebliknya biasanya beroperasi pukul 07.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Kalau berangkat dari Malang kalian bisa memilih rute perjalanan Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo - perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, kalian akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan.

Akses masuknya ada dua yaitu ada yang di Kabupaten Lumajang dan Juga ada yang di kabupaten Malang, hal ini karena Tumpak Sewu berada di perbatasan Kabupaten. Namun untuk yang di Kabupaten Malang namanya bukan Tumpak sewu tapi coban sewu.

Kalau dilihat dari pemandangannyanya lebih bagus dilihat dari Lumajang karena debit airnya terlihat lebih besar dan juga bila beruntung bisa terlihat pelangi di air terjunnya serta bisa terlihat Gunung Semeru.

 


Sumber foto : Instagram @droneofficial

Biaya wisata ke Tumpak Sewu

Biaya masuk ke Air terjun Tumpak Sewu tergolong standar wisata seperti biasa, untuk biaya masuknya ada dua, loket masuk pertama kalian dikenakan biaya Rp 20.000, namun bila kalian ingin turun kebawah untuk melihat langsung air terjuannya maka akan dikenai tiket lagi sebesar 10.000 rupiah dan juga biaya parkir 5000 rupiah bila kalian datang naik sepeda motor.

Kali ini untuk biaya transport tidak saya jelaskan secara detail karena kan pasti asalnya dari daerah yang berbeda-beda, namun cukup terjangkau kok kalu naik motor atau mobil pribadi. Bagi kalian yang jauh tidak perlu khawatir masalah penginapan, di Kota Malang, Kepanjen dan Kota Lumajang banyak sekali penginapan. Kalau kalian ingin hemat dan tidak menguras kantong opsinya cari home stay atau guest house harganya mulai dari 50 ribuan. Kalau cari yang mewah ya cari aja hotel yang harganya diatas 150 ribuan permalam.


 

Post a Comment

Previous Post Next Post